Kebijakan Privasi

Jika Anda menjalankan situs blog atau memilikinya, kemungkinan besar Anda telah menyertakan kebijakan privasi di suatu tempat di situs web Anda. Kebijakan ini umumnya digunakan untuk memberi tahu pengunjung situs Anda informasi dan data apa yang dapat mereka akses di situs Anda tanpa terjebak dalam jaring laba-laba kebijakan privasi legalese. Sayangnya, tidak setiap webmaster memiliki waktu atau keterampilan untuk menulis dan memelihara halaman kebijakan privasi khusus. Beberapa pemilik bisnis, terutama bisnis kecil, tidak memiliki waktu atau keterampilan untuk membuat kebijakan privasi mereka sendiri. Untungnya, ada beberapa layanan berbeda di luar sana untuk membantu Anda membuat kebijakan sendiri dan membantu Anda mempertahankannya.

Kebijakan Privasi

Banyak dari perusahaan pihak ketiga ini akan memberi Anda kebijakan untuk mengunduh, mencetak, atau mengirim email ke pengunjung Anda. Dokumen-dokumen ini berisi persyaratan layanan dasar untuk situs dan mencakup semua informasi yang menjelaskan hak Anda mengenai situs dan kontennya. Seringkali mereka juga akan menyertakan tindakan spesifik yang harus Anda ambil untuk mempertahankan hak tersebut.

Tujuan dari kebijakan privasi Anda adalah untuk menjelaskan kepada pengunjung Anda persis apa yang diharapkan dari mereka di situs Anda. Kebijakan inilah yang akan membantu Anda menetapkan batasan situs web Anda dan membantu menjaga keamanan pengunjung Anda. Tanpa kebijakan yang jelas, Anda mungkin menemukan bahwa beberapa pengunjung situs Anda berpikir bahwa mereka bebas menggunakan informasi Anda sementara yang lain merasa berhak atas informasi lebih banyak daripada yang tersedia di situs Anda. Hal ini dapat menyebabkan tindakan hukum dan hilangnya pendapatan.

Kebijakan yang ditulis dengan baik akan membantu menghilangkan dugaan apakah situs dan konten Anda sesuai untuk seseorang dengan usia tertentu atau tidak. Contohnya adalah jika Anda berencana menjual produk kepada remaja, Anda tidak boleh menggunakan bahasa yang dapat dianggap tidak pantas. Ini mungkin tampak seperti akal sehat tetapi tidak selalu mudah bagi pemilik situs baru untuk mengetahui apa yang pantas dan tidak untuk situs mereka. Menggunakan profesional dapat menghemat waktu dan sakit kepala Anda serta memastikan bahwa kebijakan Anda berdiri sendiri karena hukum melindungi semua orang yang berpotensi terpengaruh oleh situs Anda. Taruhan terbaik Anda adalah mempekerjakan seseorang untuk membuat kebijakan khusus yang disesuaikan dengan situs Anda.

Setelah Anda memiliki kebijakan, Anda harus membuatnya mudah diakses oleh semua orang yang mengunjungi situs Anda. Itu harus disertakan dengan setiap halaman situs Anda dan berisi semua informasi yang diperlukan untuk memberi tahu pengunjung apa yang Anda ingin mereka lakukan dan tidak lakukan. Menyertakan tautan ke kebijakan di setiap halaman akan membantu pengunjung mengakses kebijakan dengan mudah dari halaman mana pun di situs Anda dan memudahkan untuk mengetahui apa yang bisa dan tidak bisa mereka lakukan di situs Anda.

Anda harus berhati-hati untuk memastikan bahwa kebijakan privasi tidak menjadi usang dan Anda memasukkan informasi baru secara berkala. Kebijakan Anda penting karena merupakan titik kontak pertama antara Anda dan calon pelanggan Anda. Ini mungkin tampak seperti hal kecil tetapi itu adalah sesuatu yang dapat membantu memastikan bahwa situs Anda mempertahankan minat pengunjungnya. Kurangnya pembaruan pada kebijakan Anda dapat membuat pelanggan Anda bertanya-tanya apakah Anda bersedia melindungi informasi mereka. Anda harus memperbarui kebijakan Anda secara berkelanjutan dan pelanggan Anda saat ini akan mengharapkannya dan mempercayai Anda ketika Anda memberi tahu mereka bahwa Anda akan memperbarui kebijakan secara teratur untuk memberi mereka informasi.

Kebijakan Anda harus konsisten dengan semua aspek lain dari situs Anda. Misalnya, saat mendesain grafik Anda, Anda harus menyertakan pernyataan hak cipta yang sesuai dengan gambar dan video Anda. Pada kebijakan Anda, Anda harus menyertakan pernyataan yang dengan jelas menyatakan bahwa Anda tidak akan menggunakan cookie atau teknologi pelacakan lainnya untuk melacak aktivitas penjelajahan pengunjung di situs Anda. Selain itu, Anda perlu memastikan bahwa Anda menyertakan bahasa yang memastikan informasi pribadi pelanggan Anda aman. Ini mungkin berarti menyertakan pernyataan tentang pemesanan yang aman dan peringatan bahwa memilih untuk menerima email atau buletin berarti informasi tersebut dikirim dalam istilah pribadi yang jelas.

Kebijakan privasi Anda adalah tanda tangan online Anda dan harus mencakup semua informasi penting yang diperlukan orang lain untuk memahami bagaimana dan mengapa Anda melindungi informasi mereka. Karena kebijakan Anda sedang ditinjau oleh calon pelanggan dan klien, sangat penting untuk memasukkan semua yang Anda bisa. Jika Anda tidak punya waktu untuk membuat draf kebijakan yang komprehensif, mintalah bantuan profesional hukum untuk membantu Anda membuat kebijakan terbaik. Ini akan memakan waktu, tetapi menulis kebijakan privasi yang solid akan terbayar dalam jangka panjang. Biaya memiliki kebijakan yang ditulis dengan buruk bisa jauh lebih besar daripada gagal memilikinya sama sekali.